type='text/javascript'/>

Matikan fitur autorun CDROM / Disk drive

Setiap komputer-komputer dengan Operating Sistem berbasis Windows NT versi seperti Windows 2000/XP/diatasnya, sudah mempunyai fitur autoplay (autorun) yang secara default akan muncul setelah mengenali dan menginstalasi Drive baru selain (lokal) Harddisk Drive. Drive baru yang didukung fitur autoplay (kecuali floppy disk) antara lain:

  1. USB/Removable Drive seperti Flash Disk, Removable Disk / Harddisk, Memori Card, Memori Stick Duo dan lain-lain.
  2. CD/DVD drive seperti CD, CD-RW, DVD, Virtual CD dan lain-lain
  3. Network (map) drive, dan Sebagainya

Fitur autoplay ini sangat membantu sekali dan punya kelebihan tersendiri

 Agar lebih cepat mengakses pada folder dan file pada Drive baru yang telah dimasukkan.

 Bisa secara langsung menjalankan (Autorun) Setup CD. Biasanya setiap komputer memiliki bawaan CD untuk menginstalasi software/driver secara cepat. Dan lain-lain Mengapa fitur autoplay perlu dimatikan? Pertama, karena kurang keamanan, Mengapa? Apa karena komputer belum diinstalasi antivirus?
Rasanya juga tidak, karena hampir semua komputer-komputer baru laptop-laptop yang dijual sudah dinstalasi program antivirus oleh vendor/ penjualnya secara gratis, namun karena jarang/ tidak pernah diupdate oleh si pemakai. Akhirnya dengan mudahnya ditulari program virus atau trojan dari Removable Drive perangkat yang paling umum seperti Flash Disk yang gampang keluar masuk di komputer.

Lalu kalau masih saja komputer-komputer ditulari oleh virus walau sudah diupdate? Ini mungkin saja terjadi karena tertular virus-virus komputer yang baru, dan pada umumnya, ini virus-virus adalah buatan lokal, jadi lebih cepat menyebar sebelum datanya masuk dalam database antivirus buatan luar seperti Norton Antivirus, Mc Afee dll. Solusinya bisa memakai khusus antivirus buatan lokal.

Namun tips yang lebih baik dan lebih aman adalah mencegah lebih awal dari tertular virus komputer yang masih baru dengan cara mematikan fitur autorun. Sebab sekarang virus komputer memiliki berbagai penularan metode yang dipakai salah satunya dengan memanfaatkan kelemahan dari fitur autorun (autoplay). Ini virus atau trojan menulari Flash Disk dan lalu membuat virus duplikat serta autorun.inf file dengan atribut tersembunyi agar nantinya secara tidak sadar di autorun otomatis.

Maka, dengan mematikan fitur autorun, virus bisa dicegah dan dapat kita hapus secara manual. Caranya jika ada flash disk yang dimasukkan lalu kita cek isinya ada file autorun.inf, maka patut kita curigai dan musti kita hapus. Keterangan: Sebelumnya, Folder Options musti diatur lagi agar semua file dengan atribut-atribut seperti System, Hidden dan Read Only diperlihatkan

Cara mematikan fitur autoplay (autorun) pada CD-ROM drives atau Semua drives

Ada dua cara yang mudah untuk mematikan fitur autorun atau autoplay, baik untuk semua drives atau hanya CD-ROM drives saja. Antara lain

Tidak ada komentar: