type='text/javascript'/>

WINDOWS 7 DAN SAUDARA-SAUDARANYA



Angka 7 merupakan angka keramat pada novel “Harry Potter”, apakah juga akan menjadi angka istimewa untuk operating system Windows?

WINDOWS 7 telah hadir dalam versi beta dan seperti biasa, kehadiran Windows selalu menarik untuk dikupas. Apakah Windows 7 dapat memperbaiki kekurangan Windows Vista atau bahkan lebih jauh lagi, akankah menggeser Windows XP sebagai operating system yang saat ini paling banyak digunakan?

Windows 7 pada Netbook
Windows 7 lahir di kala krisis keuangan yang dipicu oleh kredit macet sektor perumahan di Amerika sedang melanda dunia, yang berimbas pada penurunan tingkat daya beli konsumen. Pada industri hardware komputer, hal ini menjadi salah satu pendorong konsumen untuk mencoba netbook, yang memang didesain agar harganya terjangkau. Selain itu, netbook juga di desain agar ringan sehingga mendukung mobilitas kerja yang tinggi, rata-rata vendor terkemuka (di antaranya Hewlett Packard, Dell, Acer, Lenovo) menawarkan berbagai pililhan netbook sehingga tersedia cukup banyak alternatif untuk Anda. Pada situasi seperti ini, tentu bukan hal yang diharapkan jika lantas muncul operating system yang membutuhkan requirement hardware yang lebih tinggi dari Windows Vista, untungnya Windows 7 hadir dengan rekomendasi spek yang relatif tidak mencekik untuk masa sekarang.
Jika Operating system yang telah terinstal sebelumnya adalah Windows XP. Saat memasukkan DVD Windows 7 (tersedia pada DVD PC Media edisi 03/2009), tampil dua opsi untuk instalasi Windows 7, yaitu:

1.    Melakukan upgrade dari versi Windows yang sedang digunakan menjadi Windows 7 sehingga sistem, konfigurasi, dan program yang sudah terinstal masih dapat digunakan.
2.    Menginstal Windows 7 dari awal. Sayangnya bagi pengguna Windows XP, ternyata opsi nomor 1 tidak akan berjalan, karena opsi upgrade ini hanya berlaku untuk minimal Windows Vista dengan SP 1. Karena juga ingin mendapatkan pengalaman yang fresh dengan Windows 7, maka penulis memilih opsi kedua.
Selama proses instalasi, pengguna tidak perlu banyak berinteraksi (hanya perlu banyak menunggu), pengguna hanya diminta memilih beberapa opsi, misalnya apakah ingin terkoneksi dengan Internet untuk mendapatkan update terakhir, melakukan pengisian user, computer name, password, negara, dan seterusnya yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Total instalasi memakan waktu sekitar 45 menit, yang tentunya akan bervariasi sesuai dengan perangkat hardware dan pilihan konfigurasi Anda. Kesan pertama saat melihat tampilan desktop Windows 7 adalah kemiripannya dengan Windows Vista. Tetapi jika diperhatikan lagi, ada perbedaan yang cukup mencolok, yaitu pada taskbar. Ya, taskbar Windows 7 lebih tinggi dan menampilkan icon dengan ukuran yang lebih besar. Selain itu, taskbar tampak transparan. Mungkin karena itu, taskbar Windows 7 disebut juga dengan superbar. Jika Kalian sejenak Mengintip folder Windows dan mendapatkan folder tersebut berukuran sebesar 7.08 GB, tentunya ini belum termasuk aplikasi-aplikasi yang akan kita instal dan gunakan sehari-hari, sehingga Anda perlu memastikan tersedia cukup ruang kosong pada harddisk bagi program dan data Anda. Windows yang lama disimpan di dalam folder Windows. old dan tidak dapat diaktifkan lagi, tetapi Anda masih dapat mengakses datanya. Hal penting yang perlu dilakukan setelah instalasi Windows 7 selesai adalah memastikan semua device berjalan lancar. Rupanya Windows 7 telah mendukung dan menginstal driverdriver yang diperlukan pada netbook ini, video card, sound card, network card, USB, semua dapat terdeteksi dengan baik. Wireless LAN juga bekerja dengan baik walaupun awalnya tidak
mendapatkan sinyal.

Performa
Awal-awal penggunaan, Windows 7 telah menunjukkan kecepatan yang baik untuk proses startup Windows maupun shutdown. Penulis kemudian mencoba menginstal beberapa aplikasi seperti Photoshop dan beberapa tools umum, juga software Open Source seperti Open Offi ce dan XAMPP, semua dapat berjalan dengan baik. Penulis kemudian membuka cukup banyak aplikasi dan meng-copy fi le pada saat yang bersamaan, termasuk browsing dengan menggunakan koneksi Internet wireless. Perpindahan antar-windows aplikasi yang cukup mulus membuat Windows 7 tampak responsif, walaupun CPU Usage yang ditunjukkan oleh Task Manager berkisar pada 90%-100%. Tampilan grafis yang memikat memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan bukan hanya pemanis karena dapat membantu pekerjaan. Contohnya, icon aplikasi yang terletak pada taskbar dapat menampilkan preview berbentuk thumbnail (fitur ini disebut juga dengan Aero Peek). Fitur ini akan banyak membantu jika aplikasi yang terbuka telah cukup banyak sehingga icon-nya berjejer pada taskbar. Setelah membuka cukup banyak aplikasi sehingga total aplikasi yang terbuka mencapai 16 aplikasi, pindah antar aplikasi mulai terlihat putus-putus dan mengalami lag, cukup dimaklumi mengingat memory yang terpasang hanya 1 GB. Taskbar alias superbar juga tidak gentar menghadari serbuan icon aplikasi, seperti pada versi Windows sebelumnya, pada taskbar akan tampil scroll vertikal up/down jika baris taskbar telah penuh. Untuk pekerjaan sehari-hari dengan spesifi kasi hardware di atas, performa Windows 7 dapat diandalkan.
Mobilitas
Kebanyakan siswa zaman sekarang akan tertawa sekaligus prihatin kalau mendengar cerita seniornya yang dulu mengangkat monitor dan casing CPU (lengkap dengan keyboard, mouse, dan kabel-kabel) untuk mendemokan sistem pada gurunya (belum lagi kalau ternyata sang guru berhalangan dan siswa tersebut harus mengangkat pulang kembali PC-nya), hal seperti ini tentu sudah jarang terlihat, karena menjamurnya penggunaan notebook/netbook yang memudahkan kegiatan dengan tingkat mobilitas tinggi. Bagaimana Windows 7 mengakomodasi penggunaan netbook anywhere, anytime? Penggunaan energi telah diefisienkan sehingga Windows 7 hemat energi secara keseluruhan. Kemudian fasilitas lain yang sering dibutuhkan tentunya adalah Internet. Jika wireless LAN telah diuji dan dapat digunakan dengan baik, kali ini penulis menguji penggunaan Internet melalui modem USB HSDPA. Langkah awal, tentu memastikan Windows 7 mengenali device tersebut dengan baik. Pada saat instalasi driver modem, Windows Security menampilkan pesan “Windows can’t verify the publisher of this driver software”, tetapi proses dapat dilanjutkan dan modem berhasil diinstal. Bisa jadi Anda akan mendapatkan pesan serupa untuk device-device lain, yang tidak dapat diverifikasi oleh Windows 7. Setelah modem USB berhasil dikenali, koneksi Internet berhasil dilakukan dan pengguna dapat mengakses Internet tanpa kesulitan.

Penampakan
Penampakan di sini bukan berkonotasi seram atau magis, tetapi tampilan-tampilan menarik yang ditawarkan Windows 7, sebagian pengguna tentu sangat perduli dengan tampilan grafis dan wajah baru yang ditawarkan Windows dari generasi ke generasi. Jika Anda telah menggunakan Windows Vista sebelumnya, pasti sudah tidak asing dengan Windows Aero. Theme yang dikenal sejak Windows Vista dan menawarkan interface menarik bagi pengguna. Misalnya, bagi Anda yang biasa berpindah aplikasi dengan kombinasi tombol Alt + Tab, mungkin akan menemukan keasyikan baru jika berpindah aplikasi dengan kombinasi tombol Windows + Tab, yang akan menampilkan aplikasi dengan tampilan flip 3D. Salah satu Aero baru yang diperkenalkan dalam Windows 7 adalah Aero Shake yang dapat Anda pergunakan jika ingin meminimize seluruh aplikasi kecuali aplikasi aktif. Caranya cukup unik dan lucu, goyangkan windows aplikasi tersebut dengan mouse Anda, maka aplikasi lain akan otomatis menyusut minimize ke taskbar. Untuk mengembalikan posisi seperti semula, goyangkan lagi dengan cara yang sama. Bahasa teknisnya adalah mouse gesture, di mana kombinasi gerakan dan klik pada mouse menghasilkan instruksi tertentu. Karena bermain-main dengan grafis, tentunya Windows Aero memerlukan resource dari graphics memory yang relatif tinggi. Jika spesifi kasi hardware komputer Anda tidak mencukupi, maka Windows Aero tidak akan aktif.

Windows 7 dengan Memory 512 MB
Performa yang cukup baik menimbulkan rasa penasaran untuk mencoba Windows 7 dengan spesifkasi hardware yang lebih rendah, yaitu dengan memory 512 MB. Memang bukan spesifikasi yang direkomendasikan, tetapi tidak ada salahnya mencoba. Jika kalian pernah ngeliat pada notebook dengan spek processor AMD Sempron 3000+ 1.80 GHz dan memory 512 MB. dan telah berjalan dengan baik menggunakan Windows XP. Instalasi Windows 7 kembali dilakukan dan menyita waktu kurang lebih selama 1 jam. Tidak seperti sebelumnya, Windows 7 tidak menginstal driver driver yang diperlukan dan membuat orang yang berharap melihat taskbar transparan menjadi kecele (taskbar transparan hanya tampil jika Windows Aero aktif). Pada saat ingin menginstal driver dari CD Recovery, Windows 7 menolak dengan menampilkan pesan “This Setup requires a different version of operating system”. Wah, rupanya tidak kompatibel. Perjuangan mendapatkan driver dilanjutkan dengan menghubungi vendor, yang menjawab bahwa untuk notebook tersebut tidak tersedia driver untuk Windows Vista/Windows 7. Lalu dengan mencoba menginstal driver tanpa melalui aplikasi setup, tetapi dengan meng-update driver dari device manager (klik kanan pada device yang tidak dikenali dan pilih Update Driver Software). Cara ini ternyata berhasil, kecuali untuk driver LAN. Karena itu, jika dimungkinkan sebaiknya Anda memastikan memiliki driver yang mendukung Windows 7 ataupun Windows Vista (yang seharusnya kompatibel dengan Windows 7). Windows 7 pada spek hardware ini masih dapat bekerja dengan cukup baik, dengan mencoba melakukan beberapa kegiatan umum seperti burn CD audio melalui Windows Media Player, mengetik dokumen, dan lain-lain. Seluruhnya berjalan baik, walaupun kinerja keseluruhan tidak secepat saat menggunakan Windows XP, tetapi perbedaannya relatif tidak signifykan untuk aktivitas standard.

Hal-hal Unik Lainnya
Untuk intermezzo, berikut beberapa hal unik dan ringan yang ditemui dalam misi menemani Windows 7 ini. (1) Menolak Diinstal Menggunakan Tenaga Baterai. Jika instalasi dilakukan pada notebook/netbook dengan menggunakan tenaga baterai (walaupun telah di-charge full dan Anda yakin akan bertahan selama instalasi), Windows akan protes dengan menampilkan pesan yang memberitahu bahwa Windows tidak dapat diinstal pada komputer yang menggunakan tenaga baterai, dan menyarankan Anda menancapkan adaptor, serta memaksa Anda keluar dengan menekan tombol Close. ( tapi tidak semuanya begitu )
(2) Hati-hati Mp3 Anda Hilang. Windows 7 menampilkan pesan yang lebih informatif jika sebuah file gagal dihapus. Contohnya, saat Anda mencoba menghapus file mp3 yang sedang berjalan pada aplikasi Winamp, maka akan tampil pesan kesalahan yang mengatakan bahwa file tersebut sedang dimainkan pada winamp.exe,
Tetapi jika file mp3 yang sama sedang dimainkan pada Windows Media Center/Windows Media Player, maka file tersebut akan berhasil dihapus, walaupun Anda masih tetap mendengarkan lagunya. Hal ini juga berlaku pada Windows Vista maupun Windows XP, kemungkinan aplikasi tersebut menyimpan file mp3 tersebut pada memory dan memainkannya sehingga tidak memproteksi file mp3 orisinalnya.
(3) WordPad Mengenali Ekstensi *.docx. Ekstensi *.docx merupakan ekstensi file Word 2007, yang tidak kompatibel dengan versi Microsoft Word sebelumnya, apalagi WordPad. Tetapi kini WordPad pada Windows 7 telah kompatibel dengan ekstensi *.docx, bahkan juga memiliki tampilan ribbon yang diperkenalkan oleh Office 2007. Selain docx, WordPad juga mengenali ekstensi lain seperti *.rtf dan *.odt.

Kesimpulan
Windows mencatat beberapa perubahan yang revolusioner dalam pengembangannya, seperti dari Windows 98 ke Windows XP, atau Windows XP ke Windows Vista. Tetapi pada Windows 7 ini, lompatan yang dilakukan (dibandingkan dengan Windows Vista) tidaklah terlalu jauh. Untungnya, hal ini juga berarti Anda tidak perlu melakukan upgrade hardware jika sebelumnya komputer Anda telah mampu menjalankan Windows Vista. Mengingat setiap perubahan besar yang dilakukan Windows sebelumnya, juga diiringi dengan perubahan
spesifi kasi hardware yang semakin meningkat.

INSTALASI DAN KONFIGURASI WINDOWS 7
Bagaimana melakukan instalasi dan konfigurasi Windows 7 ? Ikuti langkah-langkah proses instalasi Windows 7

OPERATING SYSTEM
Mari kita belajar bagaimana melakukan instalasi Windows 7, baik dari upgrading maupun instalasi baru. Setelah itu, kita akan melakukan aktivasi Windows 7 secara online.

System Requirements
Untuk menjalankan Windows 7 dibutuhkan beberapa resource komputer. Berikut minimum system requirements  untuk Windows 7 :
ü  1 GHz 32-bit atau 64-bit processor.
ü  1 GB Memory.
ü  16 GB free disk space.
ü  Support DirectX 9 graphics dengan 128 MB memory.
ü  DVD-R/W Drive.
ü  Internet access (untuk aktivasi dan update Windows).


Mendownload Windows 7 Beta
Kita dapat men-download ISO Windows 7 Beta secara gratis di website Microsoft. Windows 7 menyediakan versi 32-bit dan 64-bit. Alamat men-download-nya sebagai berikut :
http://www.microsoft.com/windows/windows-7/beta-download.aspx
Ketika mendownload file ISO Windows 7 Beta, kita juga akan mendapatkan product key untuk keperluan instalasi. Jangan lupa untuk mencatat product key Windows 7.

Upgrading Ke Windows 7
Kita dapat melakukan upgrading OS Windows yang telah kita miliki dengan Windows 7. OS Windows yang di-support untuk upgrading adalah Windows Vista SP1. Apabila OS Windows Vista kita belum diinstal SP1 atau Windows XP, maka akan mendapatkan kegagalan ketika mekakukan upgrading kecuali ketika melakukan upgrading terlebih dulu. Pesan error.
File ISO Windows 7 hasil download dapat dilakukan burning ke DVD kosong supaya dapat digunakan untuk instalasi atau upgrading. Berikut ini langkah-langkah upgrading Windows 7 dari Windows Vista SP1:
1.       Masukkan DVD Windows 7.
2.       Klik file setup.exe apabila DVD Windows 7 tidak melakukan autorun.
3.       Selanjutnya akan mendapatkan kotak dialog Instalasi Windows
4.       Klik “Install Now”.
5.       Apabila komputer kita terhubung dengan Internet, maka kita bisa memilih untuk “Go online…” atau kalau tidak terhubung dengan Internet dapat memilih “Do not…”.
6.       Selanjutnya kita akan mendapatkan kotak dialog License.
7.       Klik “I accept the license terms”.
8.       Selanjutnya kita akan mendapatkan tipe instalasi.
9.       Pilih Upgrade untuk melakukan upgrading.
10.    Selanjutnya kita proses selanjutnya.
11.    Pada proses instalasi kita akan mendapatkan restarting Windows

Upgrade windows XP menjadi Windows 7
Jika Kepengen instal windows 7 tanpa menggunakan dvd rom, caranya... anda cukup mempunyai file windows 7 yang bisa anda copy dr punya temen or tetangga atau kepada saya, jangan lupa di copy beserta serial. setelah file windows 7 ada di komputer anda jangan lupa ada 1 software Virtual CD yg harus anda miliki yaitu DEAMON anda bisa mendownloadnya disini
1.    Jalankan Deamon, klik kanan pada icon Daemon lalu klik new imagefile.
2.    Load ISO Windows 7, setelah itu double click setup.exe maka akan layar anda akan muncul seperti ini.
Klik install now. ( Jangan takut data atau program-program anda akan hilang karena disini kita akan melakukan upgdrade bukan Install ulang.
Apabila memiliki koneksi internet akan lebih baik jika melakukan update terlebih dahulu tetapi apabila ingin mengupdatenya nanti maka kita klik do not get …..
KLik Next..

disini kita bisa memilih upgrade atau menginstall windows 7 pada partisi lain. Karena kita akan upgrade maka klik upgrade. Setelah itu akan ada beberapa proses yang mengharuskan kita menunggu beberapa menit. Setelah itu masukan Serial Number dan Selamat komputer anda sekarang sudah beralih ke windows 7.
Agar performa windows 7 menjadi lebih baik maka saya sarankan untuk update online karena dengan update online kita bisa mendapatkan driver, antivirus, dll. Bahkan Kaspersky memberikan produknya secara Gratis khusus untuk Windows 7. Walaupun begitu tetapi tidak semua komputer dapat mendukung windows 7 karena ada beberapa PC yang drivernya belum di support oleh win 7.

Instal Windows 7 dari USB Flash Disk
Orang yang baru beli netbook bias jadi bingung ketika ingin instal sistem operasi. Bagaimana lagi? Netbook tidak dilengkapi DVD-ROM. Tapi, jangan khawatir. Ada banyak jalan menuju Roma.
Ada banyak perangkat yang bisa kamu pakai untuk install Windows tanpa perlu DVD-ROM. Contohnya, kamu bisa menggunakan USB flash disk. Contoh lain, pakai DVD-ROM eksternal.
Berdasarkan pengalaman PCplus, instal Windows 7 dari USB flash disk jauh lebih cepat ketimbang instal dengan DVD. Lagipula, risiko kegagalan instalasi dengan USB flash disk lebih kecil ketimbang pakai DVD. Bisa saja, DVD tidak bisa dibaca dengan baik karena sudah tergores atau optik DVD-ROM-nya sudah lemah. Bete kan kalau sudah lama menunggu, eh Windows tidak jadi terinstal? Ada dua ilmu yang mau bahas. Pertama, kita akan membuat USB flash disk dari file ISO—kalau kamu punya. Kedua, kita akan buat dari DVD instalasi Windows 7. Buat cara pertama, kita butuh perangkat bernama Windows7 USB DVD tool yang ada di CD PCplus. Cara kedua cocok dilakukan di komputer yang ada DVD-ROM. Misalnya, kamu pinjam komputer teman kamu untuk membuat USB flash disk instalasi. dan, syaratnya yang harus dipenuhi untuk bikin USB flash disk instalasi ini gampang, cuma flash disk berukuran 4 GB.
1. Kamu tinggal jalankan Windows7 USB DVD tool. Klik “Browse” kemudian cari file ISO-nya lalu klik “Next”.
2. Kemudian pilih media yang akan digunakan. Karena ingin membuat installer dari USB flash disk pilih “USB device”.
3. Pilih drive USB flash disk-nya. Biasanya Windows7 USB DVD tool akan secara otomatis mendeteksinya. Klik “Begin copying”.
4. File akan di-copy. tunggu sampai selesai. Ketika sudah selesai, restart computer, masuk BIOS. Di bagian prioritas boot, ganti ke “Removable Storage”.
Jika kamu hanya mempunyai sumber dari CD/DVD kamu bisa menggunakan aplikasi WinToFlash.
1. Sama seperti Windows7 USB DVD tool, WinToFlash tidak perlu diinstal. Setelah download, ekstrak, tinggal klik ganda di file WinToFlash.exe muncullah tampilan
WinToFlash.
2. Klik “Windows setup transfer wizard” sehingga muncul halaman “Welcome”. Klik “Next” saja. Tentukan drive yang berisi DVD instalasi Windows 7 dan drive USB kamu.
3. Muncul Windows License Agreement pilih “I Accept” kemudian klik “Continue”. Muncul peringatan kalau USB flash disk akan diformat. Klik “OK”.
4. Proses penyalinan akan berjalan. Tunggu sampai selesai.
5. Jika sudah selesai kamu coba tancapkan USB Flash Disk pada netbook kamu dan ganti prioritas boot-nya ke Removable Storage. Berhasil… berhasil… berhasil.
Membuat Flashdisk Installer Windows XP/7  dengan WinSetupFromUSB
Anda perlu menginstall Windows XP/7 pada laptop yang tidak memiliki Optical Drive seperti Asus EEEPC, dan Dell Mini,dll ? Sudah pernah mencoba dan berkhir dengan munculnya keterangan “INF file txtsetup.sif is missing or corrupt, status 18″? Sudah mencoba berbagai cara dan tetep saja belum berhasil? Jika demikian, Anda perlu membaca ini.
Panduan berikut ini akan menunjukkan langkah langkah bagaimana cara menggunakan WinSetupFromUSB –salah satu program pembantu pembuat master Windows XP/7– untuk membuat sebuah bootable USB Flashdisk lengkap dengan master Windows XP/7. Dibandingkan dengan cara lain, cara ini lebih singkat dan lebih mudah dilakukan, bahkan bagi mereka yang belum cukup percaya diri dan menyebut dirinya sebagai pemula.
Sebelum memulai, Anda perlu mendownload
WinSetupFromUSB. Program ini bisa mendukung instalasi Windows baik yang 32 bit maupun yang 64 bit.
Selain itu, yang Anda butuhkan hanyalah:
1. USB Flashdisk minimal berukuran 1GB
2. CD Original Windows
3. Sedikit keberanian dan kesabaran
Saya tidak menyarankan kalian untuk menggunakan Windows yang tidak original atau Windows yang sudah mengalami reduksi sehingga master CD nya berukuran lebih kecil daripada versi aslinya. Saya justru menyarankan Anda melakukan slipstreaming update Service Pack ke dalam WinXP/7. Anda bisa melakukannya dengan program bernama Nlite.
Dan, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:
1.       Download dan install WinSetupFromUSB. Folder instalasi defaultnya adalah C:\WinSetupFromUSB.
2.       Buat folder khusus tempat Anda menyimpan file Instalasi Windows. Di sini saya menyimpan file installer tersebut di D:\WinXPHome. Selanjutnya copy semua isi CD Installer WindowsXP Anda ke dalam folder ini,
3.       Jalankan program WinSetupFromUSB. Jangan lupa untuk menancapkan Flashdisk Anda ke dalam slot USB. Sehingga akan tampak dalam USB Disk Selection seperi ini:
4.       Pilih Folder Source Anda. Klik tombol Browse di baris Windows 2000/XP/2003. Temukan folder master Windows XP yang sebelumnya telah kita buat. Dalam hal ini saya menggunakan D:\WinXPHome. Jangan lupa klik OK dan folder D:\WinXPHome akan tampak di kolom Windows 2000/XP/2003 Source .
5.       Format Flashdisk USB Anda. Sebelumnya saya telah memperkenalkan tool pemformat Flashdisk USB yakni  HPUSBFW (HP Formatting Tool). Di sini, Anda tidak lagi memerlukan program tersebut, karena di dalam program WinSetupFromUSB sudah ada program pemformat flashdisk yang sudah terintegrasi.
Sekedar saran, Flashdisk USB yang berukuran hingga 2GB sebaiknya diformat dalam bentuk FAT16. Sementara untuk flashdisk 4GB ke atas harus diformat dalam bentuk FAT32. Kali ini saya akan memformat flashdisk Kingston Data Traveler milik saya dengan FAT32 dengan mengklik RMPrepUSB dalam menu utama WinSetupFromUSB.
6.       Dalam halaman utama RMPrepUSB Anda akan temukan flashdisk Anda di bawah kolom Drive. Selanjutnya pilih Fat16, Boot As HDD, dan XP Bootable (NTLDR). Pastikan juga Anda tidak memilih checkboks Choose Folder di bagian bawah. Klik Prepare Drive untuk memulai Format seperti ilustrasi berikut:
Saat muncul konfirmasi dari RMPrepUSB, Klik OK. Flashdisk Anda akan segera diformat. Jika muncul keterangan sukses, klik OK dan Exit untuk keluar dari program ini.
7.       Copy semua file dalam folder master Windows XP. Untuk memulai langkah ini, klik tombol GO dalam jendela utama program WinSetupFromUSB. Tunggu beberapa saat hingga proses penyalinan dokumen selesai. Jika Anda masih menggunakan USB 2.0, proses ini tidak akan membutuhkan waktu lama. Pertama kali saya gunakan program ini di PC Pentium 4 dengan USB 1.1, waktu penyalinan dokumen memakan waktu kurang lebih 20 menit.
Jika muncul License Agreement, silakan baca dan klik Agree. Selanjutnya, ketika Anda melihat konfirmasi seperti ini, maka rangkaian proses ini telah selesai.


Klik OK dan tutup program WinSetupFromUSB dengan memilih tombol EXIT.
Selanjutnya Anda tinggal melakukan booting lewat USB. Dalam beberapa kasus Anda perlu menekan tombol yang bervariasi, mulai dari F12, F8 hingga Esc.



Matikan fitur autorun  CDROM / Disk drive
Setiap computer - komputer dengan Operating Sistem berbasis Windows NT versi seperti Windows 2000/XP/diatasnya, sudah mempunyai fitur autoplay (autorun) yang secara default akan muncul setelah mengenali dan menginstalasi Drive baru selain (lokal) Harddisk Drive. Drive baru yang didukung fitur autoplay (kecuali floppy disk) antara lain:
1.    USB/Removable Drive seperti Flash Disk, Removable Disk / Harddisk, Memori Card, Memori Stick Duo dan lain-lain.
2.    CD/DVD drive seperti CD, CD-RW, DVD, Virtual CD dan lain-lain
3.    Network (map) drive, dan Sebagainya
Fitur autoplay ini sangat membantu sekali dan punya kelebihan tersendiri
-    Agar lebih cepat mengakses pada folder dan file pada Drive baru yang telah dimasukkan.
-    Bisa secara langsung menjalankan (Autorun) Setup CD. Biasanya setiap komputer memiliki bawaan CD untuk menginstalasi software/driver secara cepat. Dan lain-lain Mengapa fitur autoplay perlu dimatikan? Pertama, karena kurang keamanan, Mengapa? Apa karena komputer belum diinstalasi antivirus?
Rasanya juga tidak, karena hampir semua komputer-komputer baru laptop-laptop yang dijual sudah dinstalasi program antivirus oleh vendor/ penjualnya secara gratis, namun karena jarang/ tidak pernah diupdate oleh si pemakai. Akhirnya dengan mudahnya ditulari program virus atau trojan dari Removable Drive perangkat yang paling umum seperti Flash Disk yang gampang keluar masuk di komputer.
Lalu kalau masih saja komputer-komputer ditulari oleh virus walau sudah diupdate? Ini mungkin saja terjadi karena tertular virus-virus komputer yang baru, dan pada umumnya, ini virus-virus adalah buatan lokal, jadi lebih cepat menyebar sebelum datanya masuk dalam database antivirus buatan luar seperti Norton Antivirus, Mc Afee dll. Solusinya bisa memakai khusus antivirus buatan lokal.
Namun tips yang lebih baik dan lebih aman adalah mencegah lebih awal dari tertular virus komputer yang masih baru dengan cara mematikan fitur autorun. Sebab sekarang virus komputer memiliki berbagai penularan metode yang dipakai salah satunya dengan memanfaatkan kelemahan dari fitur autorun (autoplay). Ini virus atau trojan menulari Flash Disk dan lalu membuat virus duplikat serta autorun.inf file dengan atribut tersembunyi agar nantinya secara tidak sadar di autorun otomatis.
Maka, dengan mematikan fitur autorun, virus bisa dicegah dan dapat kita hapus secara manual. Caranya jika ada flash disk yang dimasukkan lalu kita cek isinya ada file autorun.inf, maka patut kita curigai dan musti kita hapus. Keterangan: Sebelumnya, Folder Options musti diatur lagi agar semua file dengan atribut-atribut seperti System, Hidden dan Read Only diperlihatkan
Cara mematikan fitur autoplay (autorun) pada CD-ROM drives atau Semua drives
Ada dua cara yang mudah untuk mematikan fitur autorun atau autoplay, baik untuk semua drives atau hanya CD-ROM drives saja. Antara lain
1.    Melalui Regedit (Registry editor) aplikasi untuk mengakses registry.
Buka regedit.exe di jendela run. Lalu cari key
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
Klik kanan mouse sembarang didalam key folder tersebut lalu pilih New -> Dword Value beri nama dengan "NoDriveTypeAutoRun" lalu klik Dword value tersebut dan ketik hexadecimal angka dengan ff (untuk mematikan fungsi autorun pada semua drives) atau b5 (untuk mematikan fungsi autorun pada CD-ROM drives saja) .Atau Agar lebih mudah buka notepad, lalu masukkan entri berikut
REGEDIT4

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer]
"NoDriveTypeAutoRun"=dword:000000ff
Setelah itu, mark dan copy semua entri-entri diatas ke dalam notepad, dan kemudian simpan dengan ekstensi .reg. Lalu klik file berekstensi .reg tersebut, dan klik F5 untuk Refresh. Sekarang, fitur autoplay untuk semua drive (kecuali floppy disk dan music CD) menjadi tidak aktif sekarang.
2.    Menggunakan gpedit.msc
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
o    Klik Start -> Run untuk memunculkan Run jendela untuk menjalankan semua aplikasi secara langsung.

o    Ketikkan gpedit.msc ke dalam isian kotak dan klik OK.
o    Setelah jendela muncul, klik pada Computer Configuration -> Administrative template -> System
o    Lalu klik Turn off Autoplay untuk menampilkan Turn of Autoplay Properties.
o    Pada Setting Tab, tandai Enabled
o    Lalu pada Turn off Autoplay on: pilihlah yang disukai All drives (untuk mematikan fitur autorun di semua drives) atau CD-ROM drive (untuk mematikan fitur autorun di semua CD ROM drives).

Menonaktifkan autoplay/autorun di windows 7
Autoplay/autorun adalah salahsatu fitur windows yang berfungsi untuk membuka file yang berada di media data (CD/Hardisk Eksternal/Flashdisk,dll) secara otomatis. Ada beberapa kelemahan jika mengaktifkan fitur Autorun Windows ini, yaitu:
1.       Jika CD/Hardisk Eksternal/Flashdisk mengandung virus maka virus dapat dengan mudah menyerang komputer anda melalui fitur autorun windows 7
2.       Windows 7 akan mengalokasikan memori untuk fitur autoplay, sehingga bisa menguras memori komputer.

Anda bisa menonaktifkan fitur autorun/autoplay windows 7. Berikut ini adalah cara untuk mematikan/
disable autoplay windows 7

1. Di start menu, pilih Control panel



2. Pilih hardware and sound



3. Pilih Autoplay


4. Lepaskan/hilangkan centang pada "Use Autoplay for all media devices"
Klik tombol Save



Jika setting autorun/autoplay berhasil, maka saat memasukkan sebuah CD ke dalam CD Player , CD tersebut tidak berjalan secara otomatis.
Meningkatkan Performa Komputer
Jika Kalian pernah melihat adegan film “ Senggol bacok “ pada menit ke- 44:31 sampai 44:59, sebuah perkataan seorang nenek pada cucunya “ Apa yang yang lebih menyakitkan lagi dibanding dikhianati orang yang kita sayangi adalah manakala kita melihat orang yang kita sayangi itu menderita sementara kita tidak punya daya apa-apa untuk menolongnya “ Jika hal ini diaplikasikan pada computer, maka “ Jangan biarkan computer kalian menderita lelet, sementara kalian tidak punya daya apa-apa untuk memperbaikinya. Pengaturan ini dilakukan melalui Registry editor / regedit. Oleh karena itu sebelum melakukan tips ini sangat disarankan untuk membuat backup registry editor / cadangan registry editor. Hal ini sangat berguna untuk menghindari komputer menjadi error / macet akibat ada kesalahan dalam prakteknya. Perlu anda ketahui, ketika komputer menyala dan kita tidak menjalankan aplikasi apapun, sebenarnya Windows sedang melakukan banyak proses, hanya saja proses tersebut tidak kelihatan karena dilakukan dibelakang sistem (Background Application). Anda bisa melihatnya melalui Task Manager dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + Del (tombol-tombol tersebut ditekan secara berbarengan). Pada kotak Windows Task Manager, klik tab Processes. Anda bisa melihat begitu banyak proses yang sedang dijalankan.
Trik berikut ini berguna untuk meningkatkan prioritas aplikasi yang kita jalankan secara 'manual' (aplikasi yang diproses oleh kita sendiri) misalkan aplikasi Ms.Word, Ms.Excel, Winamp dan sebagainya, sehingga sistem Windows akan 'lebih mengutamakan & memfokuskan' tenaganya untuk aplikasi yang kita buka tadi. Berikut langkah-langkahnya:
·      Klik Start - Run, lalu ketikkan: regedit
·      Masuk ke menu HKEY_LOCAL_MACHINE SYSTEM CurrentControlSet Control PriorityControl
·      Pd jendela sebelah kanan, terdapat item bernama Win32PrioritySeparation. Klik ganda item tsb, ubah value data nya menjadi 26. Jika sudah, tekan OK
·      Restart komputer
Setelah melakukan pengaturan diatas tadi, maka komputer akan lebih menitik beratkan terhadap aplikasi-aplikasi yang anda akses / anda buka sehingga secara otomatis kinerjanya akan ditingkatkan.

Meningkatkan Kestabilan Desktop Windows

Komputer memang selalu tidak jauh dari berbagai, mulai masalah kerusakan Windows, harddisk, software, atau perangkat keras lainnya. Lalu panas komputer yang mengganggu, komputer menjadi lambat hingga hingga ketidakstabilan alias sering hang. Hang nya komputer bisa disebabkan aplikasi yang rusak atau kurang kompatibel. Untuk mengatasi aplikasi yang sering hang alias not responding, anda bisa mengakali registrasi -nya agar aplikasi tersebut dapat ditutup secara otomatis. Namun, perlu diketahui, bukan hanya aplikasi yang rusak atau kurang kompatibel, yang menyebabkan sering hang, tetapi tampilan desktop yang anda lihat tiap hari, mungkin bisa jadi salah satu penyebabnya.
Desktop atau tampilan layar di Windows, ternyata anda perlu meningkatkan kestabilannya juga. Apalagi saat anda akan membuka sebuah aplikasi apapun. Jika desktop tidak stabil maka hal tersebut juga menggangu peningkatan kinerja-kinerja pada beberapa program atau aplikasi lainnya yang sedang berjalan di dalam resource memori komputer. Akhirnya akan muncul sebuah jendela peringatan bertuliskan "program is not responding" alias hang. Tentu anda tidak mengharapkan program yang sedang hang saat itu terjadi pada komputer yang sedang anda gunakan, yaitu di saat anda sedang lagi seriusnya bekerja mengolah data/dokumen penting di Microsoft Word/Excel.
Adakah cara meningkatkan kestabilan desktop Windows? Ya, Ada satu tips cara meningkatkan kestabilan desktop di Windows XP yaitu dengan melakukan tweak registry. Yaitu anda harus menambahkan sebuah entry rahasia melalui program registry editor yang ada dalam system windows, agar kestabilan desktop anda menjadi berfungsi.
Caranya sebagai berikut:
1.    Bukalah program registry editor melalui menu "run" dengan mengetik "regedit" dan klik "OK",
2.    Lalu setelah masuk program Registry Editor, lalu anda carilah dan tuju pada entry "HKEY_CURRENT_USER | Software | Microsoft | Windows | CurrentVersion | Explorer".
3.    Setelah itu, pada kolom di bagian kanan, anda musti tambahkan sebuah entry baru lagi. Caranya, anda klik kanan mouse pada bagian kosong, maka akan muncul konteks menu.
4.    Setelah itu pilihlah "New | DWORD Value". Lalu ganti nama entri tersebut dari defaultnya "New Value #1" menjadi "DesktopProcess".
5.    Kemudian klik ganda pada entry yang telah anda buat tersebut. Dalam kotak isian yang kosong di bawah bagian "Value data", isilah nilainya menjadi "1" agar entry baru tersebut aktif.
6.       Selesai, klik "OK". Sekarang, tutup registry editor, dan segera restart ulang komputer Anda.
Catatan:
Jika anda tidak ingin lagi mengaktifkan fungsi entri tersebut, boleh anda ganti nilainya dengan "0" pada bagian "Value data".

Aktivasi Windows
Jika kalian pernah mengalami ketika tiba-tiba layar desktop Blank hitam, tidak muncul wallpaper, lalu kemudian kalian coba-coba memberinya, dan ketika dimatikan kembali lagi hitam. Itu bukan karena kerasukan ilmu hitam atau sejenisnya, melainkan windows membutuhkan aktivasi Setelah melakukan konfigurasi jaringan pada Windows 7, kita dapat melakukan aktivasi melalui menu Start->Computer dan klik kanan computer dan pilih Properties sehingga kita akan mendapat kotak dialog seperti Gambar 13. (Jika tidak menemukan gambarnya Serahkan semua kepada Tuhan yang Maha Kuasa.)
Lakukan geser ke bawah sehingga ditemukan Windows Activation, klik “Windows activate now”. Selanjutnya kita akan mendapatkan kotak dialog aktivasi Windows, Klik “Activate Windows online now”. Jika sukses, kita akan mendapat konfirmasi bahwa Windows 7 kita sudah dilakukan atau dengan menggunakan aplikasi Aktivator W7, ini lebih mudah syaratnya kalian cukup penuhi oborampennya yaitu AKTIVATOR W7. Aplikasi ini bias kalian dapatkan dengan download, copy milik temen, tetangga atau lagi-lagi kepada saya secara gratis. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Klik Ganda aplikasinya, akan muncul keterangan seperti gambar dibawah ini :

2. Klik Apply.. dan tunggung proses install
3. Komputer akan restart dan selesai sudah.

Pengaturan Bahasa Pada Windows 7
Pengaturan bahasa terkadang kita gunakan dalam pengolahan aplikasi tertentu, semisal aplikasi berbasis excel yang meminta mengubah pengaturan bahasa yang defaultnya bahasa inggris menjadi bahasa Indonesia. Caranya cukup mudah dan tidak jauh beda dengan windows XP, begini caranya :
1.    Klik START  yang berada pada pojok kiri bawah, Jika masih tidak tau silahkan tanya ke dukun.
2.    Klik Control Panel dan pilih Clock, Language, and Region, pada Dropdown Format pilih Bahasa yang kalian ingini. Untuk lebih cepet klik inisial bahasanya. Semisal bahasa Indonesia ketik huruf “I” Insyaallah akan langsung menunju pada bahasa Indonesia lalu pilih dan klik OK.
Cara mematikan Auto Update pada Windows 7
Bagi orang tertentu, yaitu orang yang men-koneksikan Komputer/laptop pada jaringan Internet yang kapasitas bandwidth rendah, ya.. semisal seperti yang dimiliki si penulis ini, Maka salah satunya adalah memutus Auto Update agar tidak terjadi pemecahan bandwidth sehingga dalam berselancar internet lumayan ngebut. Caranya adalah sebagai berikut :
Pada Control Panel – System and SecurityWindows Update, pilih Change Setting, lalu pada dropdown Importants Updates klik dan pilih “ never check for updates (not recommended) “, klik OK









CARA MENGINSTALL SUPPLEMENT LANGUAGE SUPPORT.

Agar Windows kamu bisa mendukung Arabic, Untuk menginstalnya memerlukan kembali CD-ROM Windows dari sistem operasi Windows yang anda pakai, dan tidak usah CD-ROM untuk Windows 7. Cara adalah sebagai berikut : Bisa ikuti gambar-gambar berikut ini:
1) Masuk ke Control Panel dan memilih menu Regional Language Options







2) Setelah muncul sebuah jendela, kliklah jendala tab Languages










3) Setelah itu tandai cek pada Install file for complex script and right-to-left (including Thai) serta Install file for East Asian languages dan Install files for East Asian languages




4) Setelah itu klik Apply. Dan kemudian akan muncul jendela yang meminta untuk Insert Disk, meminta anda memasukkan CD Windows (harus sesuai dengan versi Windows di komputer anda)

5). Jika sudah ketemu CD Windows untuk komputer anda, masukkan ke dalam CD-Room, dan proses instalasi akan dilanjutkan.
6) Instalasi selesai dan Windows akan meminta anda untuk merestart komputer.


Jika pada Windows  maka caranya adalah sebagai berikut :
1.       Pada Taksbar, biasanya defaultnya adalah  “EN” yang mempunyai artian”  English Language “ klik kanan dan pilih setting
2.       Klik tombol “ Add”
3.       Pada Jendela “add input language “ centang Arabic. Lalu klik OK dan OK. Terakhir restart computer. Jreeng… computer kalian sudah terinstall bahasa arab.
Sedang cara penggunaannya adalah, klik kembali “EN” tadi lalu pilih bahasa yang kalian kehendaki.

Mengakali suatu software bajakan menjadi asli
Ini adalah suatu yang bisa dibilang suatu tindakan ilegal, saya disini akan menjelaskan tentang tutorial cara membuat software trial menjadi full version.
Cara ini saya sebenarnya saya tujukan hanya untuk pelajaran semata, dan bukan untuk mendorong adanya tindakan-tindakan illegal, khusunya dalam pembajakan software dalam dunia IT.
Cara ini adalah membuat crack sederhana untuk software berbayar/trial/komersil/shareware, namun tidak semua bisa dibeginikan. Tapi mantap untuk dicoba :
1.       Untuk langkah awal, kita bisa mencari terlebih dahulu software/aplikasi yang sudah “full version” yang sama dengan software “trial” yang ingin kita buat crack nya.
2.       Pilih “START” lalu “RUN”.
3.       Lalu dilangkah ketiga ini kita ketik “REGEDIT” di tempat kosong pada “RUN” dan Enter/OK. seperti gambar di bawah ini :

Untuk Windows XP
Untuk Windows 7
4.       ketika “registry editor” muncul seperti gambar di bawah ini, silahkan kita cari terlebih dahulu “registry” aplikasi yang kita maksud.
5.        Lalu pada langkah kelima ini kita lakukan klik kanan di tempat dimana “folder registry” aplikasi/software yang kita mau bikin untuk crack-an nya, kemudian pilih export, dan setelah itu simpan (terserah mau di simpen dimana, asal jangan sampe lupa ) untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.
6. Lalu setelah kita simpen folder registry tadi yang sudah mengandung crack nya, kita buka registry editor di tempat dimana software atau aplikasi tersebut masih trial tersebut.
7.  Lalu pilih “file” dan pilih “import” kemudian gunakan “registry yang tadi telah kita simpan”.
8. Dilangkah terakhir ini kita bisa lakukan restart pada komputer kita, dan setelah komputer menyala lagi maka software yang tadi nya “TRIAL” akan menjadi “FULL” dan “REGISTRY” yang tadi kita buat bisa kita gunakan kembali pada software yang sama.






MENGARUNGI SAMUDRA OFFICE 2007

D
Alam bahasan Bahasan ini, penulis akan mencoba menguraikan komponen-komponen Office 2007, yang lebih menitik beratkan pada pengcode-an Aplikasi program Microsoft Excel 2007. Dalam penerapannya materi ini adalah menyimpang dari sub-komponen Installasi system. Tapi meski demikian penulis senantiasa meminta perlindungi Allah SWT agar tidak termasuk golongan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka orang-orang yang sesat. (Q.S. Al-Fatihah : 1:7).
Selain itu penulis juga memandang perlu menyegarkan kehausan siswa/pembaca dalam masalah topic dan bahasan. Dalam menunjang pengembangan keterampilan sebagaimana Sabda nabi Muhammad SAW : علموا اولادكم السباحة والرماية
“ Ajari anak-anakmu keterampilan berenang dan memanah “ ( mi^atun hadits syarif hal 2: no. 9 ).

INSTALLASI OFFICE 2007.
Berikut adalah langkah-langkah bagaimana menginstal Office 2007 :
·         Pertama masukkan Cd instalasi Microsoft Office 2007 ke CD-ROM, tapi perlu kita ketahui juga kalau kita mau menginstal Office 2007 ini kita harus melihat spesifikasi komputer yang kita gunakan. dalam hal ini kita menggunakan minimal Windows Xp Sp2 jadi kalau di komputer kita terinstall Windows Xp Sp 1 Maka kita tidak akan dapat menginstall Office 2007 ini.Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut :
·         Masukkan Product Key / Serial Number pada kolom yang sudah di sediakan, apabila Product Key yang kita masukkan benar maka akan muncul tanda centang di sebelah kanan, selanjutnya tekan Continue.
·         Setelah itu Kita akan dihadapkan pada tampilan "Choose the installation you want" disini kita dapat memilih :
1.       Install Now : Kalau kita memilih pilihan ini maka kita akan menginstall paket defaultnya Office 2007 tanpa bisa memilih paket yang kita inginkan.
2.       Customize : Kalau kita memilih pilihan ini maka kita dapat memilih paket software apa saja yang akan kita install.
·         Setelah kita pilih instal maka akan muncul layar berikut, trus kita beri centang pada kotak kecil itu.lalu klik continue
·         Biarkan Proses Instalasi berjalan, tunggulah beberapa menit. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang kita gunakan maka semakin cepat pula proses instalasi.
·         Instalasi telah selesai dan selanjutnya kita tekan tombol Close. Aplikasi Microsoft Office sudah bisa kita gunakan. Untuk membukanya kita lewat Start --> All Program --> Cari Microsoft Office --> dan pilih program Office yang akan kita jalankan, misalnya Word, Exell, atau Power Point atau yang laen nx.


Selamat ya.........

Memumculkan Tab Developer pada Ribbon

Tab Developer adalah group pada tab Ribbon yang bermuatan tombol perntah (icon) untuk mengembangkan unjuk kerja excel seperti macro, Visual Basic, inert control dan lihat sendiri nantinya.. seperti tampak berikut ini “




Secara default belum muncul pada Tab Ribbon, maka kalian harus mengaktifkannya dengan cara seperti berikut :
1.     Klik pada logo Microsoft Office disudut kiri atas, dan kemudian pilih Excel Option, sehigga muncul gambar demikian ,
2.     Pada jendela sebelah kiri pilih Populer sehingga muncul kotak seperti gambar dibawah ini
3.     Pada top option for working with excel, beri tanda centang pada “ show Developer Rab in The Ribbon, lali klik OK
4.     Kemudian pada tab Ribbon akan muncul Developer, Jika juga tidak muncul, maka bawalah computer anda ke tempat saya biar saya tertawakan.


Mengaktifkan Fasilitas Macro
Meski Developer Tab sampun terjadi penampakan, agar macro dapat berjalan dengan baik, kita perlu mengaktifkan (meng-enable-kan) macro dengan cara sebagai berikut :
1.       Pada Excel Option, klik Trust Center, pada jendela sebelah kiri, sehingga terjadi penampakan seperti gambar dibawah ini :
2.       Pada Excel Option seperti ditunjukan pada penampakan diatas, pilih Trust Center Setting sehingga mengalami penampakan lagi serti ini :
3.       Pada Macro setting sebelah kanan pilih/tandai dengan (*) pada pilihan enable all Macro (not recommended,potentially dangerous code can run) yang berarti macro excel dapat dijalankan dengan tetap berhati-hati pada ekskusi kode tertentu.
4.       Kemudian pada Developer macro setting, beri tanda centang pada pilihan  Trust Acces to the VBA Project Model,  yang berarti bahwa VBA ( Visual Basic Application) dapat dijalankan.
5.       Klik OK, Jika Masih gak bias Komputernya jangan dibawa ke saya, capek tertawa terus.
RUMUS DAN FUNGSI EXCEL
Peranan fungsi sangat besar dalam pengelolaan suatu data. Ini karena fungsi akan membatu menyimpulkan suatu data . fungsi adalah rumus siap pakai yang disediakan Ms. Excel untuk memanipulasi data. Dalam Ecxel banyak fungsi. Pada kesempatan hanya akan menampilkan yang perlu ditampilkan saja. Artinya yang tampil disini adalah yang perlu ditampilkan. Bingung ya.. ( gak usah bingung gitu aja kok repot ).
1.   Fungsi SUM
Adalah fungsi untuk menjumlah sederetan data kuantitatif pada cell. Baik vertical mau horizontal.
Contoh : Tabel pada penampakan entah yang keberapa ini akan djumlahkan berdasarkan namanya dan berdasarkan area penjualannya
-   Pada Cell G3 isi dengan rumus =sum(c3:f3)
-   Kopi rumus ini ke cell G4 dan cell G5
-   Kemudian pada cell C6 isi dengan rumus =sum(C3:C5)
-   Kopi rumus ini ke cell G4 dan cell G5

2.   Fungsi IF
Adalah fungsi untuk membandingkan 2 atau lebih argument untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE
Contoh : Tabel dibawah ini pada kolom D (Intrepretasi) akan diberikan fungsi dari cell D4 sampai D10. Fungsi ini akan menguji nilai yang ada pada kolom nilai Huruf ( kolom C )
- Jika Nilai A, maka intrepretasi Excellent
- Jika Nilai B, maka intrepretasi Baik
- Jika Nilai C, maka intrepretasi Cukup
- Jika Nilai D, maka intrepretasi Kurang
- Jika Nilai E, maka intrepretasi Kurang sekali
Pada cell D3 isi dengan rumus :
=IF(C3="A";"Excellent";IF(C3="B";"Baik";IF(C3="C";"Cukup";IF(C3="D";"Kurang";IF(C3="E";"Kurang Sekali")))))

( salin dan sesuaikan fungsi ini dari cell D4 sampai cell D10 )

3.   Fungsi Sumif
Adalah fungsi untuk menjumlah sederetan cell tertentu yang memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.
Contoh :  Tabel sheet dibawah ini, Tabel A adalah rekapitulasi dari banyaknya penjualan barang (Qty) berdasarkan Negara atas Tabel B.

4.   Fungsi Countif
Fungsi ini kerjanya sama dengan fungsi Sumif, cuman perbedaannya adalah fungsi countif yang dihitung adalah jumlah kuantitasnya.
Contoh : Pada Tabel DIbawah ini akan dihitung banyaknya masing-masing Negara yang ada pada table B, maka caranya adalahsebagai berikut :

Pada cell C3, isi rumus sebagai berikut :
·      =COUNTIF($E$4:$E$11;B3), artinya menghitung jumlah Negara yang ada pada table B
·      Kopi rumus tersebut pada cell C4 dan C5

6.   Fungsi Concatenate
Fungsi digunakan untuk menggabung karakter string yang ada pada duan cell atau lebih.
Contoh : Akan digabungkan karakter cell B2, C3 dan C4, begini caranya :

-  Pada Cell E2 Tulis rumus :
=CONCATENATE(B2;" ";C2;" ";D2)
7.   Fungsi Vlookup
Fungsi Vlookup merupakan fungsi untuk mereferensikan suatu nilai berdasarkan nilai pada kolom pertama pada table array yang menghasilkan nilai pada baris yang sama pada erray.
Contoh : table tarif Lembur Karyawan pada kolom dibawah ini, pada kolom E (Jabatan) dan tariff F ( Tarif/Jam) diisi berdasarkan input kolom D ( Jab. ID) yang meng-lookup table referensi berdasarkan Jab. ID yang dimasukan pada kolom D.

-   Buat table seperti diatas
-   Pada Cell E4 (jabatan) isi dengan rumus :
=VLOOKUP($D4;$B$12:$D$14;2;FALSE)
(Sali rumusnya ke cell E5 sampai E8)
-   Pada cell F4 isi dengan rumus :
=VLOOKUP($D4;$B$12:$D$14;3;FALSE)
(salin rumusnya ke F5 sampai F8)

8.   Sortir Data
Sortir adalah fasilitas Ms. Excel untuk mengurutkan sekelompok data hasil dari sortir adalah terurutnya data berdasarkan ascending AZ dan Discending ZA.
Contoh : Pada Tabel berikut adalah semisal data-data siswa SMK Negeri Jatigoro Di PP. Tarbiyatut Thullab.


-    Drag Area B3 : B9
-    Pada grup Data, klik AZ, untuk yang berurutan dari A  sampai Z
-    Klik ZA, untuk yang berurutan dari Z sampai A.

SELAMAT MENCOBA
9.   Fungsi Left dan Right.
Adalah fungsi untuk mengambil karakter tertentu dalam cell dengan menentukan nomor urutan suatu karakter. Lihatlah contoh penampakan berikut :

10. Conditional Formating
Merupakan cara format tampilan cell dengan kondisi-kondisi tertentu yang dipersyaratkan.
Contoh : Penetuan nilan Siswa jika kurang dari KKM akan berwarna merah atau ter-block ( karena jika saya berkata merah, dan buku ini foto kopi jadi tidak merah lagi kalian protes ). Disini KKMnya adalah 70. Jika kurang dari 70 maka akan ter-block.
Lihat table berikut :
-   Drag cell C4 sampai dengan C6
-   Klik Conditional Formating pada grup style tab ribbo Home
-   Muncul Jendela Menu, pilih New Rules sehingga mengalami penampakan seperti berikut :
-   Isi (1) dengan Value
-   Isi (2) dengan Less than
-   Isi (3) dengan =$F$2
-   Klik Format, sehingga muncul kotak dialog seperti berikut :
-   Atur Format di Tab Fill dan Font
-   Kemudian OK,
LATIHAN PEMBUATAN APLIKASI
MENCARI HARI LAHIR DAN WETON DENGAN EXCEL
Kemampuan Excel dalam itung-itungan sudah tidak diragukan lagi (paling tidak menurut saya). Rumus ini bisa mencari hari lahir hari pasaran (Jawa) neptu dino, pernahing jaya, wataking dino lan liyo-liyane. Hasil rumus ini juga bisa digunakan sebagai petungan selaki rabi. Namun disini saya buat hanya mencari hari saja, karena beberapa murid saya menanyakan. yang perlu disiapkan tentu hanya sedikit kemampuan mengoperasikan excel. Persiapan yang njlimet seperti bubur abang-putih, puasa ngebleng, mandi tujuh sumur, dan kemenyan tidak diperlukan. Berikut ini langkah-langkahnya:
1.    Aktifkan excel ( jangan lupa berdoa dulu)
2.    pada sel A1 SAMPAI A7 ketik 0,1,2,3,4,5,6
3.    pada sel B1 sampai B7 ketik  SABTU,MINGGU, SENIN, SELAS, RABU, KAMIS, JUMAT
4.    pada sel C1 sampai C5 ketik : KLIWON. LEGI, PAHING, PON, WAGE
5.    Susunannya seperti:
0       SABTU                  KLIWON
1        MINGGU             LEGI
2        SENIN                  PAHING
3        SELASA              PON
4        RABU                  WAGE
5        KAMIS
6        JUMAT
6.       Blok sel A1 sampai C7 : klik menu Insert – Name – Define – ketik HARI – OK ( langkah ini mendefinisikan range) Cara mudah langkah ini adalah dengan klik bagian NAMEBOX- ketik HARI – enter
7.       pada sel E1 ketik Tanggal. sel F1 ketik Hari, sel G1 ketik PASARAN
8.       Ses E2 tempat mengisikan tanggal yang dicari (penulisan tanggal harus mnyesuaikan seting di kompi)
9.       Sel F2 rumus mencari hari =VLOOKUP(MOD(E2,7),HARI,2) lalu enter
10.    Sel G2 rumus mencari pasaran =VLOOKUP(MOD(E2,5),HARI,3) lalu enter
Pasa seting regional kompi jika telah diubah menjadi Indonesia, maka tanda koma diganti titik koma

SELAMAT DI COBA
FUNGSI “AND”
Digunakan untuk menghasilkan nilai “ TRUE” Jika semua argument yang diuji benar, dan nilai “FALSE” Jika salah satu argument yang diuji bernilai salah.


Tidak ada komentar: